Tugas 1 IBD, Kontes Kecantikan MISS WORLD 2013

Sejak diumumkannya perhelatan akbar MISS WORLD 2013 yang jatuh pada tanggal 8 september sampai 28 september 2013 lalu di Bali, Indonesia seketika itu juga menjadi topik pembicaraan hangat di mata dunia. Sebanyak 129 kontestan Miss World 2013 dari berbagai penjuru belahan dunia datang untuk ikut serta dalam ajang kompetisi kecantikan terbesar dan tertua ini Kehadiran kontestan miss world 2013 dilakukan sebagai ajang sosialisasi terhadap negara negara tetangga untuk dapat lebih memperkuat dan mempererat ikatan persaudaraan. Ajang Miss World 2013 ini juga bertujuan untuk menarik lebih banyak turis domestik dan asing ke Indonesia khususnya wisata ke pulau Bali.

Perhelatan Miss World 2013 benar benar menjadi momentum yang sangat berharga bagi Indonesia karena merupakan ajang promosi gratis untuk mengangkat bali kedunia internasional. Saya pun turut ikut serta menyambut baik kontes ajang kecantikan ini. Menurut informasi yang sudah saya baca sebelumnya, Miss World adalah kontes kecantikan yang didirikan oleh Eric Morley pada tahun 1951. Sejak kematian Eric Morley pada tahun 2000, maka dengan itu Julia Morley (istri Eric Morley) mengambil alih kepengurusan Miss World dan memiliki waralaba di lebih dari 100 negara hingga sekarang. Wow sungguh sangat luar biasa tua bukan ajang Miss World ini? Maka tak heran jika banyak negara yang ikut berlomba lomba masuk dan berpartisipasi dalam ajang lomba tertua ini. Dan dengan dipilihnya pulau Bali, Indonesia menjadi sangat amat disoroti dimata dunia.

Bali merupakan pulau yang kental dengan adat istiadatnya, dan tak salah jika indonesia memilih pulau bali sebagai tempat ajang dari perhelatan akbar Miss World 2013. Bali memiliki kekayaan alam yang tak kalah indah dari tempat tempat wisata lainnya. Bali juga memiliki berbagai fasilitas fasilitas yang memadai yang dipersiapkan untuk para turis baik domestik maupun asing yang ingin berkunjung. Hal ini sangat positif untuk menambah devisa negara jika Bali menjadi pusat perhatian dunia.

Seiring dipilihnya Miss Indonesia 2013 yakni Vania Larisa, Bangsa Indonesia akan semakin percaya diri untuk bisa memenangkan ajang Miss World 2013 ini. Dengan segudang prestasi yang sudah digapai Miss Indonesia 2013 sebelumnya, tidak heran jika Vania Larisa bisa dipilih menjadi Miss Indonesia dan menjadi perwakilan masyarakat Indonesia untuk kontes ajang kecantikan ini. Selain cantik calon miss world 2013 juga harus mempunyai kecerdasan yang tinggi dan rasa sosialisasi yang baik. Mereka semua dituntut untuk bisa tampil anggun dan sopan dimata dunia. Namun tahukah anda tidak semuanya yang diselenggarakan oleh ajang kecantikan ini bersifat positif, masih ada hal hal yang kurang dianggap sesuai dengan budaya Indonesia.

Saran dan kritik pun mulai berdatangan dari sejumlah organisasi masyarakat untuk menentang acara perhelatan akbar ini. Memang benar bahwa ajang kecantikan ini telah disesuaikan dengan adat bangsa Indonesia oleh panitia penyelenggara untuk menghindari hal hal negative akan opini masyarakat Indonesia. Namun bila kita tinjau lebih dalam lagi, masih banyak hal hal negative yang tertuang dari Miss World 2013 ini. Miss World Indonesia merupakan ajang promosi terbesar dimata dunia. Namun disisi lain ada sejumlah pihak pihak terkait yang sangat diuntungkan dalam proses perhelatan ajang Miss world 2013 ini. Tanpa sadar mereka justru malah mengeruk lahan bisnis tanpa memikirkan aspek yang lain. Keuntungan dari pihak pihak yang terkait itupun tidak bisa dirasakan atau dinikmati langsung oleh masyarakat Indonesia.

Ajang Miss World ini adalah ajang yang katanya promosi “gratis” oleh sejumlah kalangan, namun bila ditinjau lebih jauh bukankah sebelumnya indonesia juga harus membayar biaya operasional acara Miss World itu dari tahun ke tahun?  Itukah yang merupakan promosi gratis? Mungkin dengan adanya ajang ini, devisa negara akan bertambah, namun sampai kapankkah ? Sampai kapan indonesia menjadi pusat perhatian dunia? Bagaimana dengan tahun tahun berikutnya? Dari segi kebudayaan, Indonesia memang kental dengan adat istiadatnya. Namun bahkan banyak dari sekian masyarakat yang tidak / kurang mengenal budaya Indonesia itu sendiri.

Pemerintah harusnya memberi kebijakan yang tegas terhadap hal ini. Bukankah harusnya menanamkan budaya dan memperkenalkannya kepada bangsa sendiri dahulu? Bagaimana bisa MISS WORLD diadakan namum nyatanya masih banyak yang kurang atau bahkan tidak mengenal kebudayaan masyarakat Indonesia contohnya kebudayaan Bali. Apakah harus diperkenalkan lewat MISS WORLD 2013 ini? Bukankah ada jalan lain seperti contohnya memberikan penambahan pelajaran yang khusus untuk masalah budaya dan memberikan ekstra waktu untuk bisa menampilkan budaya bangsa Indonesia? Dengan berakhirnya Miss World 2013 apakah akan berakhir juga pengetahuan atau informasi yang didapat masyarakat Indonesia terhadap kebudayaan?

Menurut saya, Ajang ini malah justru memperosokan bangsa indonesia kedalam budaya bangsa asing. Coba kalian bayangkan jika pemerintah memperkenalkan budaya indonesia lewat Chanel chanel tv berprogram. Tanpa disadari, Masyarakat Asing pun akan ikut mempelajari budaya Indonesia tanpa harus melihat program acara MISS World 2013 itu. Bukalah mata kalian lebar lebar, Miss World 2013 menurut saya adalah bukan untuk ajang kontes kecantikan tapi untuk ajang eksploitasi wanita dengan cara cara yang anggun. Bahkan saat ini dengan berakhirnya MISS WORLD 2013, seketika bangsa indonesia menjadi hening kembali. Sedikit demi sedikitpun budaya itu akan pudar jika tidak perkenalkan sejak dini secara berulang ulang.

Menjalin hubungan kerjasama terhadap negara tetangga memang sangat diperlukan untuk meningkatkan sosialisasi yang baik, namun kita harusnya juga bisa memilah jenis kegiatan hubungan kerjasama itu sendiri. Pelajarilah kebudayaan Indonesia sejak dini, dan perkenalkanlah kepada anak cucu kita nantinya..

Salam manis 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s