Tugas 2 IBD , TANAH AIR KU INDONESIA KU…

” TANAH AIR KU TIDAK KU LUPAKAN, KAN TERKENANG SELAMA HIDUPKU “

Tahukah anda penggalan lagu dari kalimat diatas ? YA, Lagu wajib berjudul “TANAH AIRKU” yang selalu dinyanyikan pada setiap perayaan besar hari nasional Indonesia tiba. Lagu yang membuat hatiku seketika bergetar dan teringat akan kenangan yang tercipta didalamnya. Lagu yang selalu mengingatkan aku untuk tidak lupa pada negara ku yang besar ini dimana pun aku berada. Lagu indah nan merdu yang selalu aku banggakan.

Indonesia adalah tanah tempat aku dilahirkan, tanah tempat aku berpijak, tanah tempat dimana aku beserta keluargaku tinggal disini dan menetap untuk bertahan hidup. Bahkan, adalah tempat tinggal nenek moyangku terdahulu yang hidup dan menghembuskan nafas sampai akhir hayatnya disini. Aku adalah anak Indonesia dan aku bangga menjadi anak indonesia !

Ya, seperti itulah yang selalu ingin kuungkapkan dari setiap hembusan nafas di dalam hidupku tentang penggalan cuplikan gambar itu. Indonesia adalah negara yang kaya dan besar, negara yang memiliki berjuta aneka ragam budaya yang unik. Bahkan Indonesia juga memiliki berbagai macam jenis flora dan fauna yang indah yang tersebar luas di dataran pulau pulau indonesia. Indonesia sangat kaya akan budaya dan adat istiadatnya.

Well, menurut informasi yang sudah saya baca dan pelajari dari wikipedia , Indonesia adalah negara kepulauan di Asia tenggara yang memiliki 13.487 pulau besar dan kecil, pulau pulau itu sekitar 6000 diantaranya tidak berpenghuni. Dengan luas dataran yang berjumlah sekitar 1.922.570 km² dan dengan luas perairannya yang berkisar 3.257.483 km² tidak jarang indonesia disebut sebagai negara yang berlimpah kekayaan alam. Yups, coba bayangkan saja, dengan luas dataran dan perairan yang sangat besar itu indonesia pasti dapat mencicipi kekayaan alam itu sampai berjuta juta tahun yang akan datang. Wow, sangat luar biasa bukan ?

Indonesia adalah Negara Kepulauan yang menyebar disekitar khatulistiwa dengan posisi yang terletak pada koordinat 6° LU – 11°08’LS dari 95°’BT – 141°45’BT serta terletak diantara benua Asia dan benua Australia/Oseania. Wilayah Indonesiaterbentang sepanjang 3.977 mill diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasific. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar yang diantaranya adalah Jawa dengan luas 132.107 km², Sumatra dengan luas 473.606 km², Kalimantan dengan luas 539.460 km², Sulawesi dengan luas 189.216 km², Papua dengan luas 421.981 km².

Pulau terpadat penduduknya adalah Pulau Jawa. Pulau Jawa juga adalah pulau dimana tempat aku berdiri sekarang ini. Ibukota Indonesia pun terletak dipulau Jawa yaitu DKI Jakarta. Maka pulau ini disebut sebagai pusatnya Negara Indonesia.

Indonesia memiliki ragam ras dan budaya yang sangat kental. Tak jarang ragam budaya tersebut terkadang dijadikan sebagai aturan yang harus di pahami dan di tanamkan bagi masyarakat yang mempercayainya. Mayoritas agama masyarakat diindonesia adalah menganut ajaran Islam. Mungkin hampir separuh warganya atau lebih beragama Islam. Begitu pula dengan aku dan orang orang disekitarku, kami mempelajari al quran dan menjadikannya sebagai pedoman. Namun hal itu tidak membuat minoritas dari agama lain merasa terganggu. Kami juga menghormati pemeluk agama lain seperti mereka menghormati pemeluk agama Islam. Seperti Kristen Khatolik, Kristen Protestan, Budha, Hindu dan Khong Hu Cu, adalah agama dari saudara saudara kami yang harus di hormati, Sebisa mungkin kami menjaga silaturahim antara masyarakat satu dengan yang lainnya agar dapat mempererat warga negara indonesia menjadi semakin kuat dan bersatu teguh.

Sebagai anak Indonesia, aku harus bisa menjaga nama baik bangsa indonesia. Dengan belajar sungguh sungguh, taat beribadah dan patuh terhadap orangtua insya allah kelak aku akan sukses dan bisa membawa nama baik bangsa Indonesia di kanca international (amin). Indonesia adalah negara yang aku tempati sejak dahulu. Bahkan kalian semua pun bertempat tinggal disini juga bukan? Kalau bukan kita yang menjaga pulau pulau ini, lantas siapa lagi? Haruskah negara kita diambil negara tetangga terlebih dahulu baru kita sadar? Kita adalah satu. Kita saling terikat satu sama lain. Kita saling membutuhkan. Tak ada salahnya jika kita saling menyapa dan berbaur lebih dekat.

Semua berawal dan dilakukan dari hal hal kecil. Ayo bangun Indonesia menjadi NEGARA MAJU ! Fokuskan pada apa yang bisa dilakukan untuk membangun Indonesia dari Keterbelakangan teknologi. Perbaiki pola pikir dan kebiasaan hidup kita yang dulunya bermalas malasan. Tak ada gunanya meributkan hal hal yang tak patut diributkan. Ciptakanlah generasi generasi  muda masa depan yang hebat, Ciptakanlah benih benih cinta terhadap satu dengan yang lainnya. Kita semua adalah saudara! Meskipun memang berbeda antara satu dengan yang lainnya, tetapi kita hidup diwilayah yang sama. Ayo kita bangun Indonesia menjadi lebih baik lagi..

Indah bukan perbedaan didalam adat istiadat kami diatas? Perbedaan tersebutlah yang harusnya membuat Indonesia semakin maju dan kuat dimata dunia. Tahukan anda, itu hanya sebagian kecil yang saya selipkan pada artikel ini. Indonesia masih memiliki ragam budaya lagi yang mungkin tidak akan ada habisnya bila dibahas dan dirincikan secara satu persatu. Indonesia sungguh amat kaya akan kekayaan alamnya. Dan inilah negriku yang besar. Sejauh apapun kelak aku akan melangkah, tak akan kulepas indonesia dari hati dan akan kugenggam erat selamanya lalu kutunjukan pada dunia bahwa indonesia merupakan negara yang tak kalah hebat dari yang lainnya.

Let’s come here and see our natural resources..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s