Jenis dan sistem komputer

Siapa yang tidak mengenal komputer ? Teknologi canggih yang di gunakan untuk mengolah data ini sudah menjadi barang yang harus dimiliki oleh mayoritas penduduk di dunia. Komputer merupakan barang yang tidak bisa terpisahkan di zaman modern ini. Bagaimana tidak, fungsinya yang semakin hari semakin canggih membuat banyak orang susah dipisahkan dari komputer untuk aktivitas sehari hari.

Apa arti dari komputer sebenarnya ?

Computare ⇒ To Compute ⇒ Menghitung

Komputer adalah alat elektronik yang digunakan untuk menginput data, memproses data, dan mengoutput data yang bekerja secara otomatis pada program program yang terdapat didalamnya.


Siklus Pengolahan Data

INPUT      →      PROCESSING      →     OUTPUT

  Data                    Pengolahan                 Informasi

Data : Kumpulan kejadian yang di angkat dari suatu kenyataan.

Pengolahan : Manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti.

Informasi : Hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.


Pengembangan Siklus Pengolahan Data

ORIGINATION  →  INPUT  →  PROCESSING  →  OUTPUT  →  DISTRIBUTION  →  STORAGE

Origination : tahap yang berhubungan dengan proses pengumpulan data (Pencatatan).

Input : tahap proses memasukan data ke dalam komputer lewat alat input.

Processing : tahap proses pengolahan data yang sudah di masukan yang di lakukan oleh alat proses.

Output : tahap proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output.

Distribution : tahap penyebara output ke pihak yang membutuhkan informasi.

Storage : tahap proses perekaman hasil pengolahan kesimpanan luar.


Jenis computer

  1. Berdasarkan data yang diolah :

   – Analog computer adalah komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan (kontinyu), datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik, gelombang suara, dll. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian (control) sebuah mesin. Komputer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung. Contoh: Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer, alat hitung pengukur suhu, alat hitung pengukur kecepatan,  pengukur  arus,, pengukur temperature, pengukur tekanan, dll.

   – Digital computer adalah  komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan logik (kuantitatif). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !. Jenis komputer ini biasa digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik. Contoh : PC yang banyak digunakan orang, calculator, Apple lle, IBM PC3.

   – Hybrid computer adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer digital. Komputer hybrid merupakan computer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif karena merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Contoh dari komputer jenis ini adalah komputer yang digunakan pada robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik serta digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien yang pada akhirnya komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.

      2.  Berdasarkan ukurannya :

   – Mainframe adalah komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi yang menangani data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan. Pengguna-pengguna ini menggunakan terminal untuk dapat mengakses data dan aplikasi di dalam komputer besar ini. Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya.

  – Mini computer adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah dibawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. istilah minikomputer dalam era sekarang ini sudah di anggap kuno dan di ganti dengan istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia sun microsystem dan UNIX/Linux serta server.

  – Micro computer adalah sebuah komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. mikrokomputer juga dikenal sebagai personal computer (PC), Home Computer, atau small business Computer, mikro komputer yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dekstop, sedangkan yang dapat dibawa (portable) dinamakan laptop.

     3.  Berdasarkan penggunaannya :

  – Special purpose computer adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus. Komputer jenis ini biasanya telah diisikan suatu program komputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau pemeriksaan kesehatan. Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaikan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Special perpose computer dapat berupa komputer analog,komputer digital dan komputer hibrid.

  – General purpose computer adalah komputer yang digunakan untuk menangani seluruh jenis masalah baik masalah bisnis maupun yang lainnya. Komputer jenis ini biasanya cocok untuk komputer pribadi (PC).


Sistem Komputer

1. Hardware adalah Peralatan untuk menjalankan system computer yang secara fisik terlihat dan terjamah, terdiri dari :

– Input device adalah peralatan computer untuk memasukan data, seperti : keyboard, mouse, lightpen, handycam, scanner, touchpad, joystick, microfone, kamera.

– Output device adalah peralatan computer untuk menghasilkan data, seperti : monitor, printer, plotter, headphone, speaker, infocus, proyektor, headset, petunjuk arah.

– Storage device adalah peralatan computer untuk menyimpan data, seperti : harddisk, flashdisk, floppydisk, sd card, compact disk, memory card, memory stick, cardreader.

– Digitizer adalah peralatan elektronik yang gunakan USB sebagai perantara ke computer, seperti : Pen tablet digitizer, tablet pc with digitizer sensor, micro pad.

2. Software adalah sekumpulan program yg berisi perintah untuk lakukan pengolahan data yg hubungkan hardware dengan brainware.

    – Sistem operasi adalah perantara aplikasi dan hardware, harus di install terlebih dahulu pada computer, seperti windows, linux, mach.

    – Sistem aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan tertentu, seperti : Microsoft Word, Winrar, Winamp, Word Star.

              – Sistem operasi adalah aturan sintak dan semantic yang berisi intruksi, seperti :

Bahasa manusia : High level language (ex : basic, Delphi, java).

Bahasa manusia dan mesin : Middle level language (ex : C, C++).

Bahasa mesin : Low level language (ex : assembles).

3. Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan computer / system pengolahan data.

– System analyst adalah orang yang merancang suatu system.

– Programmer adalah orang yang membuat program.

– End user adalah orang yang menggunakan komputer secara langsung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s