English Grammar (Tata Bahasa Inggris)

Belajar bahasa Inggris sudah merupakan sebuah kebutuhan di dunia yang serba modern ini. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan sebagai bahasa pertama di 53 negara dan menjadi bahasa resmi dalam pertemuan berbagai tingkat kalangan. Perlu diketahui, ada sekitar 400 juta orang di dunia yang berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris, besar kemungkinan masih banyak lagi makhluk yang dikenal dengan sebutan manusia berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Kita memang masih bisa hidup tanpa bahasa Inggris, tapi ada banyak manfaat yang membuat hidup kita jauh lebih baik loh jika kita belajar bahasa Inggris dengan serius dan kemudian menguasainya. Yang harus kita pahami terlebih dahulu adalah Tata Bahasa dari Bahasa Inggris itu sendiri. Seperti halnya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris juga mempunyai aturan aturan dasar dalam pengucapan sebuah kalimat.

Jika anda berminat untuk mempelajari secara lengkap mengenai apa saja komponen atau aturan aturan yang terdapat didalam Tata Bahasa Inggris, saya me-referensikan 1 buku berjudul ” ABC Plus English Grammar (Tata Bahasa Inggris ABC Plus)”, yang disusun oleh Drs. Rudy Hariyono & Andrew Mc. Carthy.

Buku ABC Plus English Grammar tersebut menurut saya luar biasa lengkap karena disertai penjelasan beserta contohnya dalam kehidupan sehari hari. Cocok untuk semua umur, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, sampai tingkat mahasiswa bisa mempelajari buku ini dengan mudah. Untuk para orang tua yang baru ingin memperkenalkan Bahasa Inggris kepada anak anaknya juga bisa. Buku ini mencangkup keseluruhan tata bahasa Inggris, dan saya sudah banyak mendapatkan manfaatnya dari buku ini. Jika sebelumnya anda merasa sangat sulit untuk memahami Tata Bahasa Inggris, Insyallah dengan buku ini akan terasa mudah.

Mula mula, akan saya bahas dahulu mengenai apa itu Tata Bahasa Inggris untuk mengetahui dasar dari pembelajaran Bahasa Inggris, berikut ulasannya dibawah ini.

Grammar (Tata Bahasa) adalah ilmu yang mempelajari penyusunan kata kata yang memiliki wujud tertentu menjadi sebuah kalimat yang tepat. Jadi, English Grammar (Tata Bahasa Inggris) adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang cara menyusun beberapa jenis kata Bahasa Inggris sehingga menjadi suatu kalimat Bahasa Inggris yang tepat.

English Grammar memiliki tingkatan yaitu basic, intermediate dan advanced. English Grammer penting digunakan terutama dalam menghadapi berbagai ujian seperti tes kemampuan Bahasa Inggris atau saat belajar di sekolah. English Grammar merupakan hal penting dalam sebuah pembelajaran bahasa dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Didalam English Grammar ada 3 dasar tata Bahasa, yaitu

A. Orthography

B. Etymology

C. Syntax


A. ORTHOGRAPHY

Orthograpy adalah ilmu yang mempelajari cara penulisan dan pengucapan huruf huruf Bahasa Inggris dengan benar. Materi yang dibahas di dalam orthography ini terdiri atas :

1. Letter (huruf)

  • Small Letter (huruf kecil) : a b c d e f g h I j k l m n o p q r s t u v w x y z
  • Capital Letter (huruf besar) : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V WX Y Z.

2. Word (kata) merupakan rangkaian dari huruf huruf yang membentuk sebuah arti. Contoh : love, smart.

3. Syllable (suku kata)

  • Monosyllable adalah kata yang terdiri dari satu suku kata saja. Contoh : High, smart, big, or, tall, clean.
  • Dissyllable adalah kata yang terdiri dari dua suku kata. Contoh : cra-zy, hap-py, li-ke, ve-ry.
  • Trisyllable adalah kata yang terdiri dari tiga suku kata. Contoh : im-por-tant, ex-pen-sive
  • Polyssyllable adalah kata yang terdiri dari empat suku kata atau lebih. Contoh : e-xa-mi-na-tion, a-lo-ca-tion, be-au-ti-ful.

B. ETYMOLOGY

Etymology merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara penyusunan huruf huruf Bahasa Inggris yang tepat kedalam sebuah kata Bahasa Inggris. Dalam Etymology, kata kata Bahasa Inggris dikelompokan menjadi 8 bagian atau dapat juga disebut “The Eight Parts of Speech” (delapan bagian penyusunan kalimat). The Eight Parts of Speech itu terdiri atas :

  1. Noun (kata benda)
  2. Pronoun (kata ganti)
  3. Adjective (kata sifat)
  4. Verb (kata kerja)
  5. Adverb (kata keterangan)
  6. Preposition (kata depan)
  7. Conjuction (kata sambung)
  8. Interjection (kata seru)

Dari kedelapan jenis kata diatas mempunyai fungsi atau kegunaan masing masing dalam sebuah kalimat. Apabila terjadi kesalahan dalam penempatannya, maka akan terjadi kesalahan besar dalam penyusunan kalimat Bahasa Inggris.


C. SYNTAX

Syntax merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara penyusunan kata kata Bahasa Inggris menjadi sebuah kalimat Bahasa inggris yang tepat dan sesuai atau dapat juga dikatakan merupakan bagian dari tata Bahasa (grammar) yang mempelajari tentang proses pembentukan sebuah kalimat.


Untuk mengetahui lebih banyak mengenai pembahasan Etymology: The Eight Parts of Speech, kalian bisa membacanya di blog ini pada tulisan berikutnya ya. Akan saya bahas satu persatu mengenai apa itu delapan bagian penyusunan kalimat agar kalian lebih memahaminya. Sampai disini dulu pembahasan mengenai dasar tata Bahasa Inggris kepada kalian. Semoga bermanfaat.

Salam Manis dari pemilik blog 🙂

Sumber : Hariyono, Rudy, Drs dan Andrew Mc.Carthy. 2008. ABC Plus English Grammar (Tata Bahasa Inggris ABC Plus). Surabaya : Gitamedia Press.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s