Mengenal Kebaya Indonesia

Anne-avantie-12527-kebaya-merah-putih-sambut-hari-kartiniHalo sobat blogers..

Topik pembahasanku kali ini adalah berbicara mengenai seputar kebaya Indonesia. Kebaya sudah sangat familiar ya sobat khususnya untuk masyarakat dipulau jawa. Sebagian orang mungkin ada yang sering menggunakannya pada acara acara tertentu, tapi ada juga yang belum pernah sama sekali menggunakannya. Kebaya merupakan salah satu warisan bangsa Indonesia yang sampai sekarang masih terus digunakan, bahkan banyak perancang terkenal di Indonesia yang mendesain kebaya agar menjadi tidak terlihat kuno dan tetap trendy. Jadi tidak hanya membuat baju model masa kini saja, kebaya pun bisa dikreasikan menjadi busana yang tak kalah menariknya dari busana busana lain. Anggapan bahwa kebaya adalah busana tradisional kuno yang hanya dipakai oleh orang tua saja semakin menipis dikalangan masyarakat Indonesia.

Aku adalah salah satu dari sekian banyak pecinta kebaya. Perpaduan antara baju atasan beserta kain batiknya yang khas membuat ku ingin selalu menggunakannya pada acara acara tertentu. Kebaya merupakan busana tradisional perempuan Indonesia dan menjadi lambang emansipasi perempuan Indonesia karena merupakan busana yang dipakai oleh tokoh pahlawan kebangkitan perempuan Indonesia yaitu Raden Adjeng Kartini.

Raden Adjeng Kartini : lahir di Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah, pada tanggal 17 September 1904 di usia 25 tahun. R.A Kartini adalah seorang tokoh suku jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Maka dari itu setiap tanggal 21 april biasanya siswa siswi beserta guru guru mereka mengenakan busana ini untuk memperingati tokoh pahlawan Raden Ajeng Kartini. Tidak hanya pelajar dan guru yang biasanya memperingati hari Kartini. Para pekerja pun seperti karyawan pada instansi pemerintah ikut memperingati Hari Kartini dengan gunakan baju adat atau baju daerah nusantara yang salah satunya adalah kebaya.

Asal kata kebaya berasal dari kata arab “abaya” yang berarti pakaian. Kebaya merupakan blus tradisional yang terbuat dari bahan tipis yang dikenakan dengan sarung, batik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni. Kebaya dikenalkan oleh sebagian besar wanita indonesia loh sobat dengan ciri khas yang berbeda beda tergantung budaya lokal didaerahnya masing masing. Kebaya tersebut dikenalkan dengan penyebaran wilayah antara lain: Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Madura, Pulau Bali, Kalimantan.

Puluhan tahun silam, model kebaya merupakan model yang terlihat biasa saja, apalagi jika mengingat masa lampau, seperti di era Kartini. Saat itu, kebaya tak lebih seperti baju daerah biasa yang pemakaiannya diselaraskan dengan kain panjang bermotif yang umumnya berasal dari Jawa. Penampilan kebaya secara keseluruhan pun tidak menggunakan banyak detail, sehingga terkesan kuno.

Macam macam kebaya yang ada di Indonesia :

  1. Kebaya kartini : biasa digunakan perempuan yang masih berdarah biru atau merupakan keturunan dari kalangan keraton. Model kebaya ini dikenakan oleh perempuan ningrat semasa era R.A Kartini. Tak heran bila kebaya ini disebut dengan istilah Kebaya Kartini. Potongannya mirip dengan Kebaya Encim, namun terdapat perbedaan, yakni lipatan pada bagian dada. Panjang kebaya juga menutup panggul. Ciri khas lainnya adalah lipatan kerah yang membentuk garis vertikal, sehingga membuat pemakainya terkesan lebih tinggi dan ramping.
  2. Kebaya jawa : kebaya model ini bentuknya simpel dengan potongan leher V, panjangnya sampai menutup panggul. Motifnya biasa sehingga memberi kesan sederhana. Bahan biasanya terbuat dari kain transparan bermotif yang diaplikasikan dengan pakaian dalam atas.
  3. Kebaya bali : bentuk detail dari kebaya Bali adalah tambahan obi yang melilit pada bagian pinggang. Bahan biasanya dari brokat dan kain katun. Tambahan obi tersebut bisa langsung terpasang pada kebaya atau bisa berupa kain yang ditambahkan terpisah dari kebaya.
  4. Kebaya encim : merupakan hasil kombinasi antara baju Shanghai khas China dengan kebaya khas Melayu. Biasanya kebaya encim ini terbuat dari bahan organdi atau katun, model kerah V dengan bordiran sebanjang kerah sampai bawah (bagian sisi yang menerus sampai kerah)
  5. Kebaya kutubaru : pada dasarnya bentuknya sama dengan kebaya umumnya, hanya saja yang membedakan adanya tambahan kain untuk penghubung sisi kiri dan kanan kebaya pada bagian dada dan perut. Pemakaiannya perlu ditambahkan stagen (kain yang dililitkan pada bagian perut) atau korset agar terlihat lebih singset.
  6. Kebaya Bandung : merupakan desain kebaya yang berasal dari kota Bandung. Pada tahun 1950-60an, ciri khasnya adalah mempunyai kerah setali yang lipatannya sampai dada, pada bagian belakang kebaya lebih pendek dan bagian depan lebih panjang. Desain kebaya Bandung berupa kebaya yang sangat pendek dan panjangnya hanya sampai di pinggang / beberapa cm dibawah pinggang hingga berkesan menggantung. Kebaya Bandung biasanya menggunakan kerah setali yang membentuk garis leher V dengan belahan penutup pada bagian muka dengan memakai kancing. Bahan yang digunakan untuk kebaya Bandung adalah brokat yang dipasangkan dengan kain panjang batik.

Seiring kemajuan jaman, saat ini kebaya merupakan busana pilihan yang banyak dikenakan ya sobat dalam berbagai acara, seperti wisuda, pengantin, dan lainnya. Kebaya sendiri dinilai menunjukkan karakter budaya Indonesia yang selalu mengedepankan kesopanan berpakaian baik dalam acara formal maupun informal. Dengan jahitan mengikuti lekuk tubuh memberikan sebuah pandangan tentang sifat anggun serta feminin seorang wanita sebagai pemakai pakaian ini. Banyaknya kreatifitas dari para desainer terkenal di negeri ini pun seakan tidak pernah habis untuk menciptakan kreasi baru menjadi Kebaya Modern.

Beragam model kebaya modern seperti yang terlihat pada gambar diatas kini sudah bermunculan ya sobat dan banyak menghiasi toko busana, jadi tidak perlu malu lagi untuk mengunakan kebaya karena takut dibilang orang jadul (orang jaman dulu) atau orang kampung. Motif nya yang beragam membuatnya tak kalah indah loh dengan busana formal atau informal lainnya. Sudah saat nya kita ikut memperkenalkan warisan budaya kita ini kepada dunia. Lihatlah betapa cantiknya kebaya Indonesia yang sangat mencerminkan keanggunan, kesopanan dan kelembutan wanita Indonesia..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s