Sedikit Cerita Tentang Diriku

Hy semuanya, apa kabar?

Untuk adik adik yang lagi siap berangkat sekolah, semangat ya, jangan lupa pulpen pensil penghapusnya dibawa biar gak pinjam sana sini, hihihi. Untuk mahasiswa/i seperjuangan dan kakak kelas yang lagi siap siap berangkat kuliah, semangat juga ya. Jangan lupa mandi, hihihi kadang ada juga mahasiswa yang sering telat bangun pagi dan al hasil ngga jadi mandi karna terburu buru kekampus.

Aku ucapkan Selamat Pagi untuk semuanya, Semoga Sang Ilahi memberikan berkah kepada kita di hari kamis yang cerah ini. Karena hari ini tidak ada jadwal kuliah, maka aku akan lebih banyak menghabiskan waktu ku di tempat tidur sambil bercerita di dalam blog ku ini.

Untuk papa yang sangat aku cintai, semoga selalu diberikan kesehatan. Untuk mamaku yang cantik, tetap terus menjadi Ibu yang selalu aku hormati. Meskipun kami sering bertengkar, tapi aku sangat menyayangimu. Untuk kakak ku yang kadang suka cuek dan masa bodo, semangat ya, semoga tetep sukses selalu. Untuk adiku yang paling aku sayang, yang selalu aku cubitin pipinya setiap hari, yang selalu aku ajak curhat, si aip tulip ganteng (nama panggilan) semoga hari ini belajarnya tambah rajin, tambah semangat dengerin ibu / bapak gurunya dikelas. Aku selalu doain aip supaya bisa menyerap ilmuya dengan baik.

images (17)

Oke perkenalkan aku adalah seorang gadis berusia 19 tahun yang mempunyai sifat dewasa namun kadang juga masih mempunyai sifat kekanak kanakan. Nama ku adalah Anita Fantastika, yups betul namaku adalah Anita Fantastika. Mungkin yang baru pertama kali mendengar nama ini akan heran dan bertanya tanya mengapa dibelakang nama anita tersebut terdapat nama belakang fantastika nya. Kok namanya itu asing didengar ya? Kok namanya seperti kata dalam Bahasa inggris “ Fantastic” ya ?

Yups yups yups, namaku adalah Anita Fantastika yang artinya gadis anggun yang sangat luar biasa. Perpaduan kata yang merupakan (Anita : Anggun) dan (Fantastika : Sangat Luar Biasa) membuatku kagum karena hanya aku satu satunya orang didunia ini yang namanya tidak sama dengan yang lain. Papa yang memberiku nama ini. Aku juga kurang mengerti alasan papa memberikanku nama Anita Fantastika, tapi yang jelas namaku itu unik dan special.

Aku adalah anak perempuan satu satunya didalam keluarga. Dulu aku bisa dibilang anak yang agak  tomboy namun masih ada kesan feminimnya sedikit lah ya. Karena kakak ku semuanya laki laki, mulai dari cara berpakaian dan cara bagaimana aku bersikap kadang terlihat sama seperti kakak kakakku, celana pendek, kaos oblong dan sandal jepit menjadi pakaian andalanku saat berada dirumah. Aku juga punya banyak baju feminim seperti rok dan dress, tapi kurang nyaman mengenakannya. Dulu sewaktu aku masih kecil, aku sering banget dibuatin rok dan dress sama mama. Hasil jaitan mama sendiri juga loh, bagus bagus dan beragam. Tapi malah jarang aku pakai. Dress dan Rok paling aku pakai jika ada acara saja.

Tapi saat ini aku malah suka banget dengan busana yang berbau bau kewanitaan seperti dress dan rok, aku jauh lebih feminim dan mulai belajar menata diri seperti kebanyakan wanita lainnya. Sikap ku yang tomboy mulai sedikit berubah menjadi feminim sekarang. Hihihi

Aku suka banget dengan warna pink, meskipun dulu tomboy tapi semua barang barang yang aku beli tak jauh dari pink pink dan pink, semua serba pink dan pink. Sampai kadang mama suka bosen sama kelakuanku yang selalu mengoleksi benda benda pink itu. Dari mulai iket rambut, baju, sepatu, tas sampai peralatan sekolah semua harus serba pink. Gatau kenapa aku suka banget sama warna itu.

Aku juga suka warna biru tua dan hitam, menurutku warna biru dan hitam merupakan warna yang simple dan elegan. Sekarang sih sudah mulai aku kurangi pemakaian warna pink dirumah. Alternatifnya, semua barang yang kupunya sekarang malah lebih banyak berwarna biru dan hitam. Mulai dari wallpaper kamar, sepatu, pakaian, sampai motorku semuanya warna hitam dan biru. Tapi tetep ko pink yang selalu dihati.

Aku mempunyai papa yang sangat baik. Ia yang selalu mengerti apa yang aku rasakan. Saat aku bertengkar dengan kakaku pun, ia yang membelanya dan menenangkanku. Aku sangat menyayangi papa. Aku sangat menyayangi papa. Aku sangat menyayangi papa. Dia yang paling mengerti aku dan bagaimanapun keadaanku.

Ketika aku masih kecil, setelah papa pergi kerja kadang aku sering nangis dan terus bertanya ke mama kapan papa pulang. Aku selalu rindu kepadanya meskipun hanya ditinggal sebentar. Hal yang selalu aku ingat adalah ia selalu menyelipkan uang ditanganku ketika aku tidur, karena pulang malam makannya ia sengaja menyelipkannya ditanganku supaya jika aku bangun, bisa langsung senang dapet uang itu. Papa pasti selalu melakukan hal itu ketika dapat gajian. Ia selalu memberikan kejutan kejutan kecil kepadaku. Setiap papa pulang, entah sesibuk apapun aku main disebelah rumah, aku pasti akan lari dan langsung menuju papa. Langsung kutemani papa makan, juga nonton tv. Sampai papa tidur karena lelah pun aku terus berada disampingnya.

Dulu papa juga sering ajak aku jalan jalan naik kereta setiap hari minggu, dari stasiun cakung sampai ke stasiun senen / kota. Rasanya bahagia banget kalau udah diajak naik kereta. Berkeliling gerbong dan membeli makanan makanan kecil didalam kereta membuat aku semakin senang. Meskipun hanya berjalan jalan dengan kereta, tapi aku tidak pernah mengeluh. Aku selalu merasa senang kemanapun papa mengajaku.

Satu lagi cerita tentang papa. Sewaktu kenaikan kelas 2 tingkat menengah kejuruan tiba, papalah yang ambil raport ke sekolahanku. Ketika pengambilan raport itu, betapa terkejutnya papa saat diberi tahu walikelas ku kalau ternyata aku dapat peringkat 1 dikelas. Betapa berbinar binarnya wajah papa saat itu. Seminggu kemudian papa mengajak ku ke Mall dan ternyata membelikan ku handpone baru. Papa ku bilang sambil tersenyum seperti ini “ini hadiah peringkat 1 buat ita” :’) Oh senangnya hati ku..

Entah kenapa aku lebih dekat dengan papa. Meskipun sama mama juga dekat tapi menurutku papa lah tempat yang paling nyaman untuk menyampaikan rasa rindu dan kasih sayang.

Mama juga orang yang sangat penting bagiku. Ia yang selalu perhatikan makananku, ia yang selalu bantu aku mengerjakan PR, ia yang selalu berada disampingku ketika aku tidur, ia segala galanya. Walaupun kadang kami sering bertengkar karena ego masing masing tapi aku sejujur jujurnya aku sangat menyayangi mama. Jika nanti aku sukses. Jika aku sudah mampu membiayai kehidupan ku sendiri dan mampu untuk mengumpulkan uang yang banyak aku akan mengajak mama papa berkeliling dunia. Akan ku ajak mama papa ketempat tempat yang belum kami kunjungi. Makan bersama, belanja bersama, foto bersama, jalan bersama. Kita akan pergi bersama sama. Semoga aku dapat sukses secepat cepatnya, amin.

Ya begitulah cerita tentang ku, begitulah aku apa adanya. Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin aku ceritakan, namun cukup sampai disini dulu ya teman. Aku sangat bersyukur sekali dengan keadaanku yang sekarang.

Bagaimana dengan cerita kehidupan kalian masing masing ? Pasti tak kalah menarik juga jika diuraikan kedalam sebuah tulisan ya ?

Matahari sudah mulai terbit dari ufuk timur nih, untuk yang sedang menjalankan aktivitas tetap semangat, jangan lupa berdoa. Mohon pamit dulu ya, mau siap siap bobo dulu sebelum menjalankan aktivitas di siang hari. Lain kali mampir lagi kesini yaaa..

See you, bye bye

Permintaan dan Penawaran

D = DEMAND = Permintaan

S = SUPPLY = Penawaran

P = PRICE = Harga

Q = QUANTITY = Jumlah barang

Oke tanpa buang buang waktu, yuk langsung perhatikan, akan saya bahas sedikit mengenai permintaan dan penawaran itu sendiri..


PERMINTAAN

Permintaan adalah jumlah barang yang mampu dibeli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu dan dalam waktu tertentu.

Faktor faktor yang mempengaruhi permintaan :

Harga barang itu sendiri
Harga barang lain
Tingkat pendapatan perkapita
Perkiraan harga dimasa mendatang
Usaha produsen meningkatkan penjualan
Selera / Kebiasaan konsumen
Distribusi pendapatan
Jumlah penduduk
Banyaknya kebutuhan konsumen

Hukum permintaan : ( P ↑ Q ↓ ; P ↓ Q ↑ )

Artinya semakin tinggi P (harga barang) maka Q (permintaan) akan barang tersebut semakin turun. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah P (harga barang) maka Q (permintaan) akan barang tersebut semakin meningkat.

Contoh : Pada saat harga gula Rp 5000/kg, permintaan akan gula tersebut sebanyak 500 kg. Tetapi pada saat harga gula Rp 4500/kg, permintaan akan gula tersebut sebanyak 750 kg. Jadi dapat disimpulkan bahwa harga adalah penentu yang paling mempengaruhi dalam adanya proses permintaan.


PENAWARAN

Penawaran adalah Jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada tingkat harga tertentu dan dalam waktu tertentu.

Faktor faktor yang mempengaruhi penawaran :

Harga barang itu sendiri
Harga barang lain
Perbedaan faktor produksi
Tujuan perusahaan
Usaha produsen meningkatkan penawaran
Teknologi produksi
Jumlah pendapatan
Biaya produk yang dihasilkan

Hukum penawaran : ( P ↑ Q ↑ ; P ↓ Q ↓ )

Artinya Semakin tinggi harga barang, maka penawaran akan barang tersebut semakin meningkat. Begitu juga sebaliknya, jika harga barang turun, maka penawaran akan barang tersebut juga akan turun.

Jenis dan sistem komputer

Siapa yang tidak mengenal komputer ? Teknologi canggih yang di gunakan untuk mengolah data ini sudah menjadi barang yang harus dimiliki oleh mayoritas penduduk di dunia. Komputer merupakan barang yang tidak bisa terpisahkan di zaman modern ini. Bagaimana tidak, fungsinya yang semakin hari semakin canggih membuat banyak orang susah dipisahkan dari komputer untuk aktivitas sehari hari.

Apa arti dari komputer sebenarnya ?

Computare ⇒ To Compute ⇒ Menghitung

Komputer adalah alat elektronik yang digunakan untuk menginput data, memproses data, dan mengoutput data yang bekerja secara otomatis pada program program yang terdapat didalamnya.


Siklus Pengolahan Data

INPUT      →      PROCESSING      →     OUTPUT

  Data                    Pengolahan                 Informasi

Data : Kumpulan kejadian yang di angkat dari suatu kenyataan.

Pengolahan : Manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti.

Informasi : Hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.


Pengembangan Siklus Pengolahan Data

ORIGINATION  →  INPUT  →  PROCESSING  →  OUTPUT  →  DISTRIBUTION  →  STORAGE

Origination : tahap yang berhubungan dengan proses pengumpulan data (Pencatatan).

Input : tahap proses memasukan data ke dalam komputer lewat alat input.

Processing : tahap proses pengolahan data yang sudah di masukan yang di lakukan oleh alat proses.

Output : tahap proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output.

Distribution : tahap penyebara output ke pihak yang membutuhkan informasi.

Storage : tahap proses perekaman hasil pengolahan kesimpanan luar.


Jenis computer

  1. Berdasarkan data yang diolah :

   – Analog computer adalah komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan (kontinyu), datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik, gelombang suara, dll. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian (control) sebuah mesin. Komputer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung. Contoh: Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer, alat hitung pengukur suhu, alat hitung pengukur kecepatan,  pengukur  arus,, pengukur temperature, pengukur tekanan, dll.

   – Digital computer adalah  komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan logik (kuantitatif). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !. Jenis komputer ini biasa digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik. Contoh : PC yang banyak digunakan orang, calculator, Apple lle, IBM PC3.

   – Hybrid computer adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer digital. Komputer hybrid merupakan computer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif karena merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Contoh dari komputer jenis ini adalah komputer yang digunakan pada robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik serta digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien yang pada akhirnya komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.

      2.  Berdasarkan ukurannya :

   – Mainframe adalah komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi yang menangani data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan. Pengguna-pengguna ini menggunakan terminal untuk dapat mengakses data dan aplikasi di dalam komputer besar ini. Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya.

  – Mini computer adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah dibawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. istilah minikomputer dalam era sekarang ini sudah di anggap kuno dan di ganti dengan istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia sun microsystem dan UNIX/Linux serta server.

  – Micro computer adalah sebuah komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. mikrokomputer juga dikenal sebagai personal computer (PC), Home Computer, atau small business Computer, mikro komputer yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dekstop, sedangkan yang dapat dibawa (portable) dinamakan laptop.

     3.  Berdasarkan penggunaannya :

  – Special purpose computer adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus. Komputer jenis ini biasanya telah diisikan suatu program komputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau pemeriksaan kesehatan. Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaikan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Special perpose computer dapat berupa komputer analog,komputer digital dan komputer hibrid.

  – General purpose computer adalah komputer yang digunakan untuk menangani seluruh jenis masalah baik masalah bisnis maupun yang lainnya. Komputer jenis ini biasanya cocok untuk komputer pribadi (PC).


Sistem Komputer

1. Hardware adalah Peralatan untuk menjalankan system computer yang secara fisik terlihat dan terjamah, terdiri dari :

– Input device adalah peralatan computer untuk memasukan data, seperti : keyboard, mouse, lightpen, handycam, scanner, touchpad, joystick, microfone, kamera.

– Output device adalah peralatan computer untuk menghasilkan data, seperti : monitor, printer, plotter, headphone, speaker, infocus, proyektor, headset, petunjuk arah.

– Storage device adalah peralatan computer untuk menyimpan data, seperti : harddisk, flashdisk, floppydisk, sd card, compact disk, memory card, memory stick, cardreader.

– Digitizer adalah peralatan elektronik yang gunakan USB sebagai perantara ke computer, seperti : Pen tablet digitizer, tablet pc with digitizer sensor, micro pad.

2. Software adalah sekumpulan program yg berisi perintah untuk lakukan pengolahan data yg hubungkan hardware dengan brainware.

    – Sistem operasi adalah perantara aplikasi dan hardware, harus di install terlebih dahulu pada computer, seperti windows, linux, mach.

    – Sistem aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan tertentu, seperti : Microsoft Word, Winrar, Winamp, Word Star.

              – Sistem operasi adalah aturan sintak dan semantic yang berisi intruksi, seperti :

Bahasa manusia : High level language (ex : basic, Delphi, java).

Bahasa manusia dan mesin : Middle level language (ex : C, C++).

Bahasa mesin : Low level language (ex : assembles).

3. Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan computer / system pengolahan data.

– System analyst adalah orang yang merancang suatu system.

– Programmer adalah orang yang membuat program.

– End user adalah orang yang menggunakan komputer secara langsung.